Tuesday 22 March 2016

 

Tidur Malam Sulit Nyenyak, Bisa Jadi karena Kurang Asupan Kalsium



Tidur Malam Sulit Nyenyak, Bisa Jadi karena Kurang Asupan Kalsium


Jakarta, Tak sekadar untuk menjaga kesehatan tulang, memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari juga memiliki manfaat lain untuk tubuh. Salah satunya adalah membuat tubuh lebih rileks dan tidur malam pun akan menjadi lebih nyenyak.

Seperti disebutkan oleh peneliti dari University of Tokyo, Jepang, Hirokei Ueda, bahwa hasil studinya menunjukkan bahwa kualitas tidur juga bergantung pada kerja kalsium di dalam neuron.

"Mekanisme yang diatur oleh ion kalsium juga bertanggung jawab untuk mengontrol durasi dan nyenyaknya tidur," tutur Ueda, seperti dikutip dariTimes of India, Selasa (22/3/2016).

Dalam studi ini, tim peneliti melibatkan beberapa kelompok tikus. Ueda menyebutkan bahwa asupan kalsium yang cukup membuat para tikus tersebut tidur lebih lelap dan terbangun dalam kondisi yang lebih bugar pula.

"Tidur adalah salah satu kebutuhan fisiologis makhluk hidup yang paling mendasar. Termasuk pada hewan dan manusia. Namun studi tentang mekanisme tidur itu sendiri masih sangat minim," imbuh Ueda.

Kalsium memang sangat penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, jika kemudian muncul beberapa gejala yang sering diremehkan seperti gigi dan kuku rapuh, tulang mulai melemah, nafsu makan menurun, kulit kering, sering bingung, bisa jadi Anda kekurangan asupan kalsium. 

Sebenarnya, kekurangan kalsium memang merupakan salah satu masalah yang cukup umum, terutama di kalangan wanita. Salah satu gejala utama lain dari kekurangan kalsium adalah nyeri otot dan kram. Otot sakit, terutama di bagian paha, lengan, dan ketiak saat melakukan pergerakan, mungkin merupakan tanda dari kekurangan kalsium.

Sumber kalsium terbaik terdapat pada berbagai macam jenis makanan dan minuman, antara lain susu dan olahannya (keju dan yoghurt), susu kedelai, tahu, ikan, almond, kacang polong, sayuran seperti bayam, lobak, kol brokoli, serta ikan kaleng (seperti salmon dan sarden).

No comments:

Post a Comment